Wednesday, November 27, 2019

American Sniper

Review American Sniper: Kisah Dilematis Legenda Penembak Jitu Amerika

poster - Copy
American Sniper menceritakan seorang penembak jitu bernama Chris Kyle (Bradley Cooper) yang menjadi kebanggaan negara selama pertempuran di Timur Tengah. Mulanya Kyle adalah seorang pria yang berprofesi sebagai koboi rodeo. Satu sifat dasar yang mendorong Kyle untuk tertarik bergabung dengan satuan prajurit SEAL Amerika adalah keinginannya untuk melindungi orang-orang yang disayanginya. Setelah kejadian 9/11 di New York, ia pun memutuskan bergabung dengan pelatihan militer dan kemudian ditugaskan ke Irak.
2
Kyle memiliki seorang kekasih bernama Taya Renae (Sienna Miller) yang kemudian dinikahinya sebelum ia pergi bertugas. Tentu saja selalu muncul kekhawatiran bagi sang isteri yang ditinggal bertugas perang, apalagi bila keduanya tak bertemu kembali. Kapanpun maut bisa menjemput Kyle yang berkutat dengan senapan di lengannya.
Namun Kyle cukup beruntung menjalani tugas pertamanya. Bahkan ia dinilai sangat baik menjalankan tugas sehingga dijuluki sebagai seorang legenda. Mengalami apa yang terjadi di medan perang bukannya membuat Kyle takut, malah ia ingin tetap berada disana melindungi rekan-rekannya. Ia merasa amat bertanggung jawab apabila timnya gagal menjalankan misi. Sementara itu isterinya menganggap Kyle terlalu terobsesi dengan profesinya dan tidak memperhatikan keluarganya sendiri.  Kyle berargumen bahwa yang dilakukannya bukan hanya demi keluarganya sendiri, melainkan demi keseluruhan orang-orang di negaranya.
3
Sebagai penembak jitu handal di medan perang, Kyle menjadi buronan terbesar para teroris sebagai musuhnya. Kyle jadi salah satu prajurit yang paling dicari bahkan kepalanya dijadikan sayembara dengan nilai $100.000.Rupanya Kyle juga punya musuh bebuyutan yang juga seorang penembak jitu  dari kelompok teroris, seorang mantan atlit penembak di ajang Olimpiade.
Drama dan Aksi Perang Yang Sangat ‘America’
Saat datang dengan tema perang, tentu yang diharapkan oleh penonton adalah ketegangan aksi tembak-menebak para prajurit perang. Selain itu biasanya film akan menyampaikan banyak pesan moral dari penderitaan peperangan, namun berbeda dengan American Sniper lebih memilih lingkup personal seorang Chris Kyle sebagai seorang penembak jitu dan juga seorang nasionalis. Kesan american-sentris sangat terasa kental dalam film yang disutradarai oleh Clint Eastwood ini.
TA3A5741.DNG
Sepertinya tim produksi mengarahkan plot yang menceritakan tentang tekanan psikis mendera seorang Chris Kyle, namun tetap tak ingin meninggalkan unsur action perang di dalamnya. Sehingga drama dialog dan aksi tembak-menembak di letakan dengan komposisi yang seimbang. Pengambilan gambar yang ciamik menjadi salah satu kunci sukses dari film. Clint Eastwood membawa nuansa sinematik yang terasa hidup dari sebuah medan perang tapi dengan pengambilan gambar yang stabil sehingga tak banyak detail yang hilang. Berbeda jika ia menerapkan gaya rekam pengejaran dan banyak close-up, yang menghilangkan banyak detail gambar di dalamnya. Hal ini terlebih karena banyak pengambilan gambar yang diambil dari sudut pandang sang sniper. Tone warna pada film mendukung set film perang di wilayah timur tengah serta penggambaran dari kerasnya medan pertempuran. Untuk efek sound, ledakan-ledakan tembakan terasa cukup natural dan begitu memicu adrenaline.
AMERICAN SNIPER
Para aktor maupun aktris dalam film tampak begitu mengerahkan emosi dan totalitas mereka. Hanya saja alur cerita membuatnya terkesan monoton dan kurang klimaks. Karakter Chris Kyle seolah tak memiliki kelemahan atau kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Meski tak bisa dipungkiri bahwa film ini adalah adopsi dari buku berjudul  “American Sniper: The Autobiography of the Most Lethal Sniper in U.S. Military History,” yang ditulis sendiri oleh Chris Kyle. American Sniper cukup jelas untuk menampilkan sebuah karakter film perang di era yang modern.
Perlu ditandai bahwa film ini tentunya banyak mengandung adegan kekerasan yang cukup sadis, disertai pula dengan beberapa adegan sensual. Untuk dalam negeri, kita bisa mengkategorikan bahwa film ini sebuah suguhan dewasa meskipun rating film ini originalnya adalah untuk ‘Remaja.’
AMERICAN SNIPER
Film ini menjadi salah satu film yang meraih banyak nominasi di beberapa festival film dunia termasuk Oscar di Academy Award. Sayangnya American Sniper hanya berhasil meraih piala untuk kategori “Best Sound Editing.” Mungkin karena film ini terlalu “Amerika” sehingga lebih banyak digemari di negara asal, tapi tidak secara global. American Sniper segera memulai debut di layar bioskop tanah air mulai besok, 28 Februari 2015.
Video Trailer: 
Tanggal Rilis: 28 Februari 2015
Durasi: 132Menit
Sutradara: Clint Eastwood
Genre: Drama, Action & Adventure
Pemain: Bradley Cooper, Sienna Miller
Studio: Village Roadshow Pictures, Warner Bros Pictures

No comments:

Post a Comment